Sejarah tentara Gurkha

Beruntunglah kerajaan inggris memiliki ribuan tentara Gurkha dari pegunungan di Asia tengah. Kurang tepat jika tentara gurkha disebut dengan Tentara bayaran selamanya. Mereka akhirnya menjadi kesatuan unik dari pasukan reguler kerajaan inggris serta india sejak kemerdekaan india tahun 1947. Pasukan Gurkha berawal dari para pejuang tradisional di pegunungan Himalaya yang bertempur demi kerajaan nepal. Mereka bukanlah orang-orang yang memiliki ideologi kebangsaan yang kuat meski mereka terbukti memiliki loyalitas tinggi.
Serdadu Gurkha dikenal karena keberaniannya dalam pertempuran. Senjata yang khas dari mereka adalah pisau unik berjuluk kukri. Mereka tidak segan untuk memenggal kepala lawan dengan pisau ini, konon pisau ini tidak akan disarungkan sebelum menumpahkan darah lawan. Mereka dikenal ramah, serta dekat dengan anak-anak dikala tidak bertempur. Bertempur adalah bagian kultural mereka, maka medan laga bukanlah hal yang menakutkan bagi pribadi seorang tentara Gurkha.
Beberapa veteran Gurkha menjadi serdadu sewaan seperti menjadi anggota kesatuan polisi Singapura serta menjadi penjaga di Brunei Darussalam dengan tugas utama menjaga sultan Brunei, melindungi keluarga kerajaan, serta mengamankan kilang-kilang minyak negara.

Sumber : buku ensiklopedia tentara bayaran

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: