SPR buatan PINDAD

Negara Indonesia telah memproduksi beberapa Senapan runduk, yang di produksi oleh PT.Pindad. Senapan runduk SPR adalah singkatan dari Senapan Penembak Runduk produksi PT.Pindad,Indonesia Senapan ini memungkinkan penembak untuk mengatur ketinggian posisi dan stabilitas senapan dengan cara mengatur bipod pada bagian bawah depanlaras, melihat sasaran dengan alat bidik tipe teleskop menjadikannya senapan runduk dengan akurasi yang tinggi. Senapan runduk ini tersedia dalam tiga varian yaitu SPR-1 dan SPR-3 diisi dengan peluru kaliber 7,62 x 51 mm , sedangkan SPR-2 diisi dengan peluru kaliber .50 BMG atau 12,7x99mm.

Sejarah

Senapan ini diciptakan untuk menjawab kebutuhan militer Indonesia akan jenis senapan runduk dengan kemampuan tinggi dan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan senapan runduk seperti senapan runduk Zasta M93 Black Arrowbuatan Yugoslavia

Varian

SPR-1

Senapan ini jika dilihat sekilas bisa dikatakan versi militer untuk senapan runduk olahraga standar tipe bolt action, dengan mengadopsi model senapan Remington 700, peluru tipe 7,62 x 51 mm dimasukan satu persatu secara manual karena senapan ini tidak dilengkapi magazen (magazen chamber). Dengan bipod, popor model thumb-hole stock dan cheekpiece (dudukan pipi penembak) yang dapat diatur ketinggiannya, dilengkapi dengan alat bidik optik menjadikannya senapan runduk yang memiliki tingkat stabilitas dan akurasi tinggi dalam jarak 500 sampai 900 meter.

SPR-2

Spesifikasi dasar dari senapan SPR-2 hampir sama dengan tipe SPR-1 dengan masih mengadopsi sistem mekanisme bolt action akan tetapi memiliki fitur yang lebih baik dari versi sebelumnya antara lain memiliki magazine chamber, posisi popor yang dapat diatur, dan kemampuan menembus plat baja setebal dua sentimeter dalam jarak 500 meter. Hal ini dimungkinkan karena SPR-2 menggunakan peluru kaliber .50 BMG sebagaimana yang digunakan oleh “Heavy Sniper Rifles” atau “Anti Material Rifles” lainnya. Dengan berat sekitar 16 Kg, senapan ini juga memiliki dimensi yang sangat besar. Kendati terilhami produk-produk senapan antimaterial yang sudah ada, kehadiran SPR-2 cenderung desain sendiri dari PT Pindad. Walaupun pada sebagian sosok, masih mengambil desain dari senapan Zastava Black Arrow M93 buatan Serbia dan Mechem NTW-20buatan Afrika Selatan.

SPR-3

Memiliki fitur sama dengan SPR-2 tetapi senapan runduk SPR-3 ini mempunyai kemampuan jarak tembak sejauh 700 meter dengan kemampuan penetrasi pada plat baja setebal 3 centimeter. SPR 3 didesain jarak tembak efekrif 900 meter dan mampu merobek plat baja setebal 3 Cm bahkan harga pabrikan PT. Pindad ini harganya jauh lebih murah ketimbang Black Arrow M 93 yang secara Kualitas sama atau bahkan tidak kalah.

Sejarah pemakaian
Digunakan oleh TNI, Polri
Sejarah produksi
Produsen PT. Pindad
Varian SPR-1, SPR-2 dan SPR-3
Spesifikasi
Berat 6.8 kg (SPR-1)

Peluru 7,26 x 51 mm
Mekanisme Bolt-action
Jarak efektif 500 – 900 meter (SPR-1)500 meter (SPR-2), 700 meter (SPR-3)
Amunisi Manual (SPR-1)magazen box isi 5 butir peluru (SPR-2), (SPR-3)
Alat bidik teleskopik

Sumber : id.wikipedia.org

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: